Jumat, 08 Juni 2012

standart models

kalkulator casio

Efek negatip kalkulator untuk para siswa

Kebiasaannya pelajar yang tidak dapat menguasai ilmu matematik adalah kerana kesukaran mereka untuk menyelesaikan masalah matematik yang melibatkan penggunaan angka-angka. Siswa tidak memahami persoalan atau tidak tahu membuat transformasi. Adanya kalkulator; sebagai alat bantu, pelajar-pelajar ini dapat menumpukan perhatian kepada aplikasi konsep dan penyelesaian masalah. Alat ini tidak lagi dibebani dengan pengiraan yang panjang lebar. Pelajar akan merasai nikmatnya mempelajari matematik. Ia menggalakkan pelajar supaya lebih ingin tahu dan kreatif, memotivasi dan membina keyakinan diripelajar untuk menyelesaikan masalah.

Peran Kalkulator

Pada massa kini peranan kalkulator dalam membantu pelajar meningkatkan kemahiran berfikir memang tidak dapat dinafikan . Sejauh mana keberkesanannya di dalam proses pengajaran dan pembelajaran matematik amat bergantung kepada sejauh mana pelajar menggunakannya secara bijak danberkesan. Kajian luar negara telahpun membuktikan bahawa penggunaan kalkulator membantu meransang pelajar untuk berfikir. 

Berbanding luar negara,Malaysia masih jauh ketinggalan di dalam penggunaan kalkulator di dalam bik darjah. Sesuatu perubahan perlu dan harus dilakukan kerana pelajar hari ini akan mencorakkan masa depan negara. Keberadaan alat peraga jenis baru ini pada dasarnya merupakan sebuah peluang bagi peningkatan kualitas pembelajaran matematika. Hanya saja, diIndonesia masalah utama seperti ketersediaan sarana prasarana serta kualitassumberdaya manusia dalam hal ini guru berkaitan dengan masih menjadi kendala dalam proses implementasinya 

Konsep-konsep abstrak sangat penting untuk memahami dan melakukan matematika. Mereka juga merupakan sumber kesulitan bagi banyak siswa yang mengalami kesulitan dengan matematika, banyak di antaranya bahkan menemukan konsep-konsep matematika dasar sulit dimengerti

Fungsi Kalkulator


Pada kalkulator matematika standart model ini mempunyai lebih dari 279 fungsi dan menyediakan pengguna dengan segala yang mereka butuhkan untuk perhitungan paling matematika. Fungsi kalkulator meliputi perhitungan bilangan kompleks, matriks dan perhitungan vektor, statistik, dan 40 metrik konversi. Fitur menonjol adalah 2-baris buku teks yang tampilan alami yang menampilkan pecahan, formula, akar kuadrat dan ekspresi lainnya sebagaimana dalam buku teks. Hal ini sangat serbaguna, dan dapat digunakan dalam kursus mulai dari pra-aljabar dasar kalkulus, dan juga memiliki aplikasi dalam fisika, teknik, biologi dan statistik.

Untuk itu kalkulator matematika ini terdiri atas 3 bagian yaitu :

  1. Natural VPAM models
  2. Natural Display models 
  3. SVPAM Models
  4. VPAM model : fx-992s
Beberapa hal penggunaan kalkulator dalam mengajar
Ketika kalkulator bebas digunakan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:


  1.  Kalkulator adalah alat untuk melakukan perhitungan. Begitu pula pikiran kita dengan pensil-kertas. Peserta didik harus diajarkan kapan saatnya menggunakan kalkulator, dan kapan saatnya melakukan “mental calculations” atau perhitungan dengan pensil-kertas dan mana yang lebih efektif serta sesuai dengan permasalahan. Memilih alat yang tepat adalah bagian dari proses penyelesaian masalah secara efektif. 
  2. Sangat penting bagi peserta didik untuk belajar memperkirakan hasil sebelum melakukan perhitungan, karena sangat mudah melakukan kesalahan ketika menekan tombol angka-angka. Dan peserta didik harus belajar untuk tidak ‘mengandalkan’ hasil pada kalkulator tanpa memeriksa kewajaran dari jawaban. 
  3. Sebaiknya kalkulator tidak digunakan untuk mencoba secara acak semua kemungkinan operasi dan melihat mana yang menghasilkan jawaban yang benar. Sangat penting bagi peserta didik untuk memahami perbedaan dari setiap operasi matematika sehingga mereka tahu kapan menggunakan salah satunya ketika melakukan “mental calculations”, perhitungan dengan pensil-kertas atau perhitungan menggunakan kalkulator.